Senin, 04 Juni 2012

Yogyakarta for a while ;)

beberapa jam berada di kota ini. kota galaunya @putrilukman kalo kata si Bahari si..
emm... honestly! si emang iya tapi setelah 'mengikhlaskan' semuanya jadi kembali seperti semula, Jogja ya tetep jogja tetep kota yang layak untuk dikagumi. kecintaan sama paris dan budayalah yang bikin gue selalu berani melakukan apa-apa sendiri dengan kerasa inginan tahuan gue yang terlampau membesar,ahahaaa..
IFI (Institute Francais Indonesia) yang bercabang di Yogyakarta lagi ngadain acara tahunan mereka Le Printemps Francais ya, semacam pertunjukan begitu lah mulai dari tari, musik, fotografi, sampai sirkus.
UHH! Pas baca nih acara pengeeeeeeen banget bisa nyaksiin semua-semua, ah! andai aja di SOLO ada atau andai aja gue stay di jogja. ah, tapi yaudah cuma SATU JAM ini lah ya :p
waktu yang memungkinkan gue untuk dateng ke acara itu adalah di tanggal 3 Juni 2012 dengan acara Sirkus Kontemporer Chabatz d'Entrar "Perches", cerita sekilasnya..
Setelah sukses dengan « Mobile » pada Printemps Français 2011, kelompok Chabatz d’Entrar kembali ke Indonesia membawa pertunjukan terbaru mereka, « Perchés », yang akan dilangsungkan di tempat terbuka. Sepasang manusia, yang satu tinggi di udara, sedangkan yang lain di tanah. Dua sudut pandang tentang dunia sekitar yang mencoba untuk bertemu dan saling memahami. Pemain akrobat Chabatz d’Entrar memberikan dimensi baru pada permainan egrang, alat yang sering dipakai dalam sirkus, melalui pertunjukan bernuansa khayali dan puitis, yang mengeksplorasi ruang, tubuh dan permasalahan hidup bersama.  (gue rasa si seru), 
dan, tinggal mikir PERGI SAMA SIAPAAAAAAAAA...
Hal tergak mungkin sama sekali kalo gue pergi sendiri, Gila, bisa jadi anak ilang gue, solo aja gak tau jalan.. apa lagi Jogja Hei! ngajak anak kosan, Nihil hasilnya, ngajak Krisna si anak Jogja gak bisa dia -_____-
terbersitlah itu akhirnya ngajakin si sahabat yang super baweeel macem cewek mulutnya HERU LESMANA..
dengan keberanian sendiri gue berangkat naik kereta Prameks jam 12.36 dianter sama Tahe, Citra, dan Ugi setelah menikmati selat Rendy yaang superrrrrr eeemmm.. enaaak :D
Pesen ugi pas dikereta
"Hati2 dijalan, Hapenya matiin kalo udah sama toge"
setiap gue pergi jauh, ini anak satu gak pernah lupa pesennya begituu.. 'tau kali ya jeleknya gue yang udah keseringan diapacarin sama pencopet'.
nyampe jogja mesti banget PR nungguin si baweel yang lama kagak nyampe-nyampe gak tau deh berada di ujung jogja mana, ampe sejam kali itu nunggu. dan pas ketemu langsung aja dong kalimat pertama dari mulut nih anak
"BERANI BANGET SI LO SENDIRI"
cuma gue jawab nyengir aja si! dalem hati "kalo gue ga berani gue gak akan tau apa-apa"
rasa ingin tahu dan kecintaan gue sama budaya, seni dan semacamnya lah yang bikin gue selalu semangat buat hal-hal seperti ini.. :*

Taman pintar tempat berlangsungnya itu sirkus ternyata eh ternyata penuh banget sama anak-anak kecil dan gue baru tau kalo itu sirkus diadain diluar gedung gitu..
ya karna, itu acara mulai jam 3 sore dan masih mulai beberapa menit lagi akhirnya si Heru ngajakin muter-muter gedung, dengan harga 15rbu/org kita muterin 3 gedung yaitu gedung sejarah, oval,dan metaforsa.
Gedung sejarah, di gedung ini kita bakal disajiin cerita bagaimana perjuangannya Ir. soekarno selama masa-masa penjajahan, sejarah keraton jogja, dan terdapat foto presiden-presiden yang ada di indonesia


Gedung Oval, masuk gedung ini bakal nemu banyaaaaaaaaaaaaaak banget ilmu dan cocok kalau ngajak anak-anak kecil kesini, memasuki gedung kita akan disajikan ikan-ikan yang menari di atas kepala macem yang ada di Seaworld begitu.. beres 'Seaworld jogja', anda memasuki jaman purba,ahhahaa


setelah bagian sejarah, anda akan memasuki bagina Fisika, adalah itu ilmu-ilmu kenapa muncul warna putih, mainan helikopter.. yang bikin gue sama si heru autis macem bocah tiap datengin satu permainan, ahahaa..
dan daaan.. ke tempat ini mengingatkan gue sama PP-IPTEK itu si isinya hampir sama lah ilmu fisika, matematika, kimia, dan ilmu-ilmu lain berkumpul dalam satu tempat dan siap memberikan segudang ilmu deh





Yang paling seru buat heru si gue rasa maket-maket yang ada di tiap blok areanya.. itu ya kalau udah liat maket mesti banget dipelototin ampe tuh anak puas,ahahaaa..


Yaa.. someday pasti bisa lah bikin sendiri ya heru..

Eh, pas nyampe areanya Pertamina nemuin ini doong.. miniature eifeel.. aaaaak mesti banget ditarik melipir sama si Heru dan dengan to ague yang masih oke, Again! Gue menang,ahahaa MESTI FOTO LAH
Mana tau kan ya kapan-kapan sama aslinya

ga kerasa muter-muter ampe lewat jam 3, DAAAAAAAAAANNNNNNN..
kelewat aa dong niat nonton Sirkusnya :(
untungnya itu sirkus ada lagi jam 5.. selagi menunggu jam 5 yang kita lakuin adalah muter-muter taman pintar dan inilah hasilnya,ahahaaa



karna, si bawel ini udah kelaperan banget jadi mampirlah kita ke Progo nemenin ni anak ke ATM dan ngisi perutnya.. beres cuss balik ke taman pintar pas banget sirkusnya mulaii, AKHIRNYA!







SELESAI TUJUAN UTAMA GUE.. sirkus yang menarik tapi lebih menariknya lantunan musik kontemporer yang keren deh dans emoga aja masih bisa nyaksiin acarnya yang lain. balik, niatnya mau ngajakin makan rainbow cake apalah daya si bawel udah ogah-ogahan gak mau karna jauh si KATANYA jadi selagi menunggu kereta yang cuss jam 19.06 gue diajak ke jalan malioboro.. wasting time lah kita disana, ngobrolin apah? mau tau? obrolan yang sejujur-jujurnya udah kesekian kali dia certain ke gue,tapi gue selalu suka kalau dengerin si bawel cerita bawaan seru aja ngedengerin dia cerita yang sebenarnya si diulang-ulang jugaahahaha.. kenapa dia bisa kecemplung di sipil, lanjut S2 nya, cerita FSTVLST, dan yah itu lah yah gue dengerin aja lebih benernya mah.. ahahaaa
Beres! Jam 18.30 udah dianter ampe stasiun lempuyangan.. nah selagi nuggu kereta baru nih cerita barunya dia.. cerita gimana dia ketemu orang-orang baru dikereta, cerita gimana dia ga pernah ada yang nganter tiap balik ke jogja (Kasian!ahhahaha), Kereta dateeeng, selesai sudah Yogyakartanya, ucup sudah menunggu di solo untuk pulang dan kembali ke rutinitas ;)

daaaaannn.. terimakasih Heru lesmana untuk jalan-jalan, jadi tukang foto, dan Yogyakarta For a while nya..